Monday 23 May 2016

Beasiswa S1 Gratis Ke Jepang

Kali ini kita akan membahas tentang Beasiswa S1 Gratis Ke Jepang sudah mencakup biaya hidup. Beasiswa S1 ke Jepang ini adalah salah satu beasiswa Luar negeri yang merupakan kerjasama antara pemerintah Jepang dengan pemerintah Indonesia.
Program beasiswa ini merupakan beasiswa 2016 Luar negeri terbaru dan hanya  ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1). Masa studi anda jika dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa anda akan belajar selama 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Namun jika anda memilih jurusan jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun. ini juga sudah termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang, jadi buat kamu yang belum mahir bahasa Jepang jangan takut dan risau nanti ada pelatihannya selama setahun loh.

Apa saja yang akan anda dapatkan dari program beasiswa ini? Jika anda dinyatakan sebagai penerima beasiswa ke Jepang ini anda akan menerima keuntungan sebagai berikut.
  • Bebas Biaya ujian masuk, biaya kuliah & uang pendaftaran
  • Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang
  • Tunjangan ¥ 117.000/Bulan(Besar tunjangan tahun 2015. Untuk tahun 2016 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  • Tanpa ikatan dinas

PERSYARATAN BEASISWA S1 KE JEPANG

Berikut ini persyaratan umum yang harus anda perhatikkan yaitu anda adalah lulusan SMA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara tgl. 2 April 1995 sampai dengan tgl. 1 April 2000. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional di bawah 8,4, dapat melamar program S-1 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N3 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT). Pelamar SMA jurusan IPS/Bahasa tidak bisa mendaftar bidang studi IPA, pelamar SMA jurusan IPA bisa mendaftar IPS atau IPA.

BERIKUT INI PROSEDUR PENDAFTARAN BEASISWA KE JEPANG

    1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan di atas saja yang boleh mendaftar.
    2. Mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload di sini:
      – Formulir Aplikasi Program S-1 (doc)
      – Formulir Aplikasi Program D-3 (doc)
      – Formulir Aplikasi Program D-2 (doc)
      Untuk pengisian Field of Study and Majors and Related Key Terms in Japan (pertanyaan no. 7 pada formulir), dapat dilihat di:
      – Field of Studies S1 (PDF)
      – ANNEX D3 (PDF)
      – ANNEX D2 (PDF)
Berikut ini alur pendaftaran yang perlu anda cermati
  1. Lakukan registrasi secara online melalui link berikut http://register.beasiswamext.or.id), lalu cetak/print out e-mail konfirmasi registrasi online yang di dalamnya tertera “Nomor Ujian” yang dikirimkan ke e-mail pelamar. *Pelamar wajib mengingat “Nomor Ujian” masing-masing.
  2. Siapkan dokumen masing-masing 1 rangkap:
    Jangan melampirkan dokumen yang tidak diminta dan jangan dijilid !.
    1. lembar printout konfirmasi registrasi online yang ada “Nomor Ujian”nya
    2. formulir aplikasi yang sudah diisi lengkap
    3. fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
    4. fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/ dicap basah dari sekolah *wajib*
    5. fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) *bagi yang sudah memiliki saja*
      Kirim via pos atau antar langsung dokumen di atas ke:
      Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
      Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350
      (Cantumkan kode “SMA-2017” pada Kanan Atas Amplop)
Perlu anda ingat dan catat bahwa Dokumen harus sudah tiba (*bukan cap pos) di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat:
    1. Tanggal 16 Mei 2016 untuk pelamar Tahap I.
    2. Tanggal 9 Juni 2016 untuk pelamar Tahap II
Jika anda sudah melakukan pendaftaran dan mengirimkan berkas, tahap selanjutnya anda harus mempersiapkan diri untuk ujian tertulis. Materi Ujian Tulis sebagai berikut disesuiakan dengan jenis jurusan yang anda inginkan
IPS ab :Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Jepang
IPA a :  Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika dan Bahasa Jepang
IPA b : Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Biologi dan Bahasa Jepang
Berikut ini jurusan yang bisa anda bisa coba untuk studi lanjut di Jepang
IPS-a:Law, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, others.
IPS-b:Economics, Business Administration
IPA-a:Science (Mathematics, Physics, Chemistry), Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering), Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering), Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering), other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology).
IPA-b:Agricultural studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries), Hygienic studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing), and Science (Biology).
IPA-c:Medicine; Dentistry
Perlu di ingat tahap II dimulai 24 Mei Hinggan 9 Juni, soo jangan sia-siakan kesempatan ini. Demikan informasi terbaru tentang beasiswa S1 Ke Jepang Gratis yang bisa anda coba, semoga bermanfaat dan bagikan kepada yang lainnya ya.

No comments:

Post a Comment