Tuesday 8 November 2016

Beasiswa S2 full di luar negeri

Punya impian mengikuti training di luar negeri atau melanjutkan kuliah S2, tapi belum kesampaian. Beasiswa VLIR-UOS mungkin bisa mewujudkan impian tersebut. Beasiswa ini dibuka setiap tahun melalui programnyaVLIR-UOS Awards Scholarships. Beasiswa VLIR-UOS ditujukan bagi pelamar dari negara kawasan tertentu, yakni Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Untuk Asia, pelamar dari Indonesia salah satu yang diberi kesempatan khusus mengikuti beasiswa pelatihan dan studi S2 ini.

Beasiswa VLIR-UOS memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk mengikuti training atau kuliah S2 di universitas-universitas atau lembaga pendidikan yang ada di Flandria, Belgia. Beberapa universitas yang ada di negara bagian tersebut seperti  KU Leuven, University of Antwerp, Ghent University, dan Hasselt University. Selain itu ada pula sejumlah college yang bisa menjadi tujuan untuk mengikuti pelatihan. 

Yang menarik dari Beasiswa VLIR-UOS adalah beasiswa disediakan penuh. Sesuai durasi program atau pelatihan yang diikuti. Training yang ditawarkan berdurasi 2 minggu sampai 3 bulan. Sedangkan beasiswa S2 berlangsung 1 atau 2 tahun, tergantung lamanya perkuliahan yang dipilih. 

Penerima beasiswa training akan memperoleh uang saku harian sebesar € 33 per hari, beberapa pembayaran tertentu yang dibayarkan satu kali, akomodasi, dan asuransi. Selain itu kandidat penerima beasiswa training juga mendapatkan tanggungan biaya perjalanan internasional serta tanggungan penuh biaya pelatihan/pendidikan. 

Bagi penerima beasiswa S2, VLIR-UOS memberikan tunjangan bulanan sebesar € 890, tunjangan akomodasi  € 390 per bulan, tunjangan keluarga € 62 per orang / bulan, serta pembayaran tertentu untuk satu kali waktu. Selain itu disediakan pula asuransi, biaya perjalanan internasional, dan tanggungan full biaya kuliah. Menarik sekali bukan?

Program yang ditawarkan: 
Program Training (2 minggu - 3 bulan) 
› Sustainable Development and Human Rights Law (SUSTLAW)
› Health Management in Aquaculture
› Audio-visual Learning Materials - Management, Production and Activities (AVLM)
› Food Safety, Quality Assurance and Risk Analysis
› Modern breeding techniques of maize
› I-EBQ (International training on Epidemiology, Biostatistics and Qualitative research methods)
› Clinical Nutrition - the North-South experience

Program Master 1 Tahun
› Master of Human Settlements
› Master of Development Evaluation and Management
› Master of Governance and Development
› Master of Globalization and Development
› Master of Cultures and Development Studies

Program Master 2 Tahun
› Master of Science in Food Technology
› Master of Aquaculture (IMAQUA)
› Master of Epidemiology
› Master of Agro-and Environmental Nematology
› Master of Rural Development
› Master of Statistics
› Master of Water Resources Engineering
› Master of Sustainable Territorial Development
› Master of Transportation Sciences and Road Safety in Low & Middle Income Countries
› Master of Science in Marine and Lacustrine Science and Management (Oceans and Lakes)
Persyaratan: 
1. Warganegara dan penduduk tetap salah satu dari 31 negara di Afrika, Asia (Indonesia salah satunya), dan Amerika Latin 
2. Berusia maksimum 35 tahun untuk program master 1 tahun, 40 tahun maksimum untuk program master 2 tahun, dan 45 tahun untuk training
3. Memenuhi kriteria pendaftaran akademik yang diatur oleh universitas atau perguruan tinggi
4. Untuk program master, pelamar belum pernah terdaftar di program master atau setara di universitas Belgia sebelumnya (dengan atau tanpa beasiswa)
5. Diutamakan kandidat yang berasal dari institusi pendidikan atau institusi penelitian, sektor pemerintah, ekonomi sosial, LSM, atau berkeinginan mengambil karir di sektor tersebut. Pelamar yang bekerja di sektor profit atau baru lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman kerja juga memenuhi syarat untuk mendaftar ke program master.
6. Untuk training, pelamar harus memiliki pengalaman kerja profesional yang relevan serta adanya pernyataan tertulis dari atasan terkait pengembalian dalam pekerjaan yang mana pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh akan diaplikasikan.
7. Pelamar hanya dapat mengajukan satu pelatihan atau program master per tahun
8. Anda hanya dapat diberikan beasiswa VLIR-UOS untuk pelatihan satu kali dan beasiswa VLIR-UOS untuk program Magister satu kali 
9. Bila Anda salah seorang pegawai dari sebuah universitas yang saat ini menerima bantuan dari VLIR-UOS melalui program kerjasama kelembagaan universitas IUC atau program TEAM, Anda membutuhkan surat atau keterangan dari koordinatior IUC atau TIM yang menyatakan bahwa departemen Anda tidak terlibat dalam IUC atau TIM.


Pendaftaran: 
Untuk mengajukan beasiswa VLIR-UOS 2017, pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke program training / master (www.vliruos.be/6259.aspx) di universitas atau perguruan tinggi yang ditawarkan. Nah, saat mengajukan aplikasi ke universitas tersebut, sebutkan bahwa Anda ingin diusulkan untuk beasiswa VLIR-UOS. Nantinya, koordinator program yang akan mengusulkan Anda ke VLIR-UOS sebagai salah seorang calon penerima beasiswa.

Perlu diingat, beasiswa tidak bisa diajukan sendiri oleh pelamar, tapi melalui pihak universitas atau koordinator program.  

Deadline pendaftaran ditetapkan oleh program masing-masing. Peserta bisa memeriksa detilnya melalui website yang tertera di atas. 

Peserta akan menerima hasil seleksi melalui e-mail, segera setelah seleksi dan paling lambat pertengahan Juni. 

Kontak
[e] info@vliruos.be
[t] +32 2 289 05 50

No comments:

Post a Comment